Minggu, 10 Maret 2013

pengertian sholawat

sarkub
Apakah pengertian Sholawat ?
Sholawat menurut arti bahasa adalah :‘' DO‘A‘'
Menurut istilah adalah:

• Sholawat الله kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم berupa Rohmat dan Kemuliaan( Rahmat Tadhim )

• Sholawat dari malaikat yang kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم berupa permohonan rahmat dan kemuliaan kepada الله untuk Rasulullah صلى الله عليه وسلم sedangkan selain Rasulullah صلى الله عليه وسلم berupa permohonan rahmat dan ampunan

• Sholawat orang–orang yang beriman ( manusia dan jin ) ialah permohonan rohmat dan kemuliaan kepada الله. untuk Rasulullah صلى الله عليه وسلم , seperti :

ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD
 
Dasar membaca Sholawat kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah :
 
Firman الله dalam surat Al Ahzab ayat. 56:
 
Artinya: ‘‘ sesungguhnya Allah beserta para malaikatnya senantiasa bersholawat untuk Rasulullah صلى الله عليه وسلم . Hai orang-orang yang beriman bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan padanya (Rasulullah صلى الله عليه وسلم .).
 
Mengenai hukum membaca Sholawat, ada beberapa pendapat dari Ulama ada yang Wajib Bil Ijmal, wajib satu kali semasa hidup, adapula yang berpendapat Sunnah .pendapat yang paling masyhur adalah Sunnah mu'akkad akan tetapi membaca Sholawat pada akhir Tasyahhud akhir dari sholat adalah Wajib, oleh karena itu sudah menjadi rukunnya sholat.
Kita Di samping mempersatukan pendapat para ulama tentang kedudukan hukumnya membaca Sholawat diatas yang lebih penting adalah menyadari denan konsekwen bahwa membaca Sholawat kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم merupakan kewajiban Moral dan keharusan budi nurani tiap–tiap manusia lebih–lebih kita kaum mu'minin, apa sebabnya! karena disebabkan :
 
• Kita diperintah membaca Sholawat seperti ayat di atas.
• kita semua berhutang budi kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang tidak terhitung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar